Rabu, 15 Desember 2010

Welcome To Solo or Surakarta


Solo atau Surakarta adalah sebuah Kota yang berada di provinsi jawa tengah, Indonesia. Di sisi timur kota ini dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong yang di ciptakan oleh Alm.Gesang yang terkenal sampai manca negara, yaitu Bengawan Solo. Selain itu Kota Solo juga mendapat penghargaan sebagai Kota terbersih dari praktik korupsi urutan ke 3 setelah Denpasar dan Tegal , gelar ini dianugrahkan oleh Lembaga Transparency International Indonesia.

Solo dahulu dikenal dengan nama Surakarta, berdiri tahun 1745.  Pada masa Kerajaan, Surakarta  memiliki peran sejarah yang besar. Surakarta pernah menjadi pusat pemerintahan pada masa akhir Kesultanan Mataram. Jika ditelusuri lebih jauh memiliki keterkaitan dengan dinasti Majapahit, karena dinasti Mataram merupakan keturunan dari Kesultanan Demak, yang juga merupakan penerus dinasti  Majapahit. Selain itu Surakarta juga pernah menjadi Daerah Istimewa yang Diberikan oleh Presiden Soekarno pada masa setelah Proklamasi Kemerdekan Republik Indonesia. Dengan nama  "Daerah Istimewa Surakarta", dengan gubernur Sri Susuhunan Pakubuwono XII dan wakil gubernur Sri Mangkunegora VIII  (bersamaan dengan berdirinya Daerah Istemewa Yogyakarta). Tetapi Status ini tidak berumur panjang karena terjadi Revolusi Sosial yang menentang berkuasanya kekuatan Aristokrasi dan Feodalisme, sehingga setelah pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda Surakarta kehilangan Otonominya dan wilayah ini menjadi Karesidenan Surakarta.

Surakarta, yang dikenal dengan sebutan Solo, merupakan sebuah Kota yang ramah tamah dan menjadi jantung budaya Jawa, Sosok keraton yang menjadi simbol budaya Jawa, Selain itu Solo juga menjadi pusat Bisnis dan Dagang di Jawa, Hal ini dibuktikan dengan Slogan " Solo The Spirit Of  Java ". Pariwisata Di Solo, banyak berkaitan dengan sejarah, budaya serta ritual keraton, yaitu Keraton Kasunan Surakarta dan Keraton Mangkunegaran Surakarta.  Selain wisata budaya, terdapat pula beberapa tempat dan event-event yang menarik untuk dikunjungi dan dinikmati. Selain itu, sesuai dengan perkembangan jaman, wisata modern yang dikenal dengan wisata belanja dan kuliner tersedia lengkap pula di Solo. Pariwisata dan Wisata Di  Solo, juga didukung oleh obyek-obyek wisata didaerah sekitarnya seperti Obyek Wisata Candi Prambanan, Candi Sukuh, Candi Cetho, Air Terjun Tawangmangu, Air Terjun Jumog, Museum Sangiran dll serta didukung pula oleh  fasilitas akomodasi yang baik, yang berupa hotel, restaurant dan transportasi yang sangat memadai.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More